Selasa, 26 November 2013

Leonardo da Vinci

      
       Leonardo di ser Piero da Vinci ( April 15, 1452 - 2 Mei 1519, Old Style ) adalah seorang polymath Italia Renaissance : pelukis , pematung , arsitek , musisi , matematikawan , insinyur , penemu , ahli anatomi , ahli geologi , pembuat peta , ahli botani , dan penulis . Kejeniusannya , mungkin lebih dari itu dari setiap tokoh lainnya , melambangkan Renaissance humanis ideal. Leonardo telah sering digambarkan sebagai pola dasar dari Renaissance Man , seorang pria dari " rasa ingin tahu tak terpadamkan " dan " imajinasi buru-buru inventif " . Ia secara luas dianggap sebagai salah satu pelukis terbesar sepanjang masa dan mungkin yang paling diversely orang berbakat yang pernah hidup . Menurut sejarawan seni Helen Gardner , ruang lingkup dan kedalaman kepentingannya adalah tanpa preseden dan " pikirannya dan kepribadian tampaknya kita manusia super , manusia itu sendiri yang misterius dan terpencil " . Marco Rosci menyatakan bahwa sementara ada banyak spekulasi tentang Leonardo , visinya dunia pada dasarnya adalah logis daripada misterius , dan bahwa metode empiris ia mempekerjakan tidak biasa untuk waktunya .

       Lahir di luar nikah untuk notaris , Piero da Vinci , dan seorang wanita petani , Caterina , di Vinci di wilayah Florence , Leonardo dididik di studio pelukis terkenal Florentine , Verrocchio . Sebagian besar hidupnya sebelumnya bekerja dihabiskan dalam pelayanan Ludovico il Moro di Milan . Dia kemudian bekerja di Roma , Bologna dan Venesia , dan ia menghabiskan tahun-tahun terakhirnya di Perancis di rumah diberikan kepadanya oleh Francis I.
       Leonardo adalah , dan , terutama terkenal sebagai pelukis . Di antara karya-karyanya , yang Mona Lisa adalah potret yang paling terkenal dan paling memparodikan dan The Last Supper lukisan keagamaan yang paling direproduksi sepanjang masa , dengan ketenaran mereka didekati hanya oleh Michelangelo The Creation of Adam . Menggambar Leonardo dari Vitruvian Man juga dianggap sebagai ikon budaya , yang direproduksi pada item beragam seperti koin euro , buku teks , dan T- shirt . Mungkin lima belas lukisannya bertahan , jumlah kecil karena terus-menerus , dan sering bencana , percobaan dengan teknik baru, dan penundaan kronis . Namun demikian , ini beberapa karya , bersama dengan notebook , yang berisi gambar, diagram ilmiah , dan pemikirannya tentang sifat seni lukis , menulis kontribusi kepada generasi selanjutnya dari seniman hanya disaingi oleh yang nya kontemporer , Michelangelo .
       Leonardo dihormati untuk kecerdikan teknologi nya . Ia dikonsep mesin terbang , tank , tenaga surya terkonsentrasi , sebuah mesin menambahkan , dan lambung ganda , juga menguraikan teori dasar dari lempeng tektonik . Relatif sedikit dari desain yang dibangun atau bahkan layak selama hidupnya , tetapi beberapa dari penemuan kecil nya , seperti penggulung kumparan otomatis dan mesin untuk pengujian kekuatan tarik kawat , memasuki dunia manufaktur tak terdeteksi . Dia membuat penemuan penting dalam anatomi , teknik sipil , optik , dan hidrodinamika , tetapi ia tidak mempublikasikan temuannya dan mereka tidak punya pengaruh langsung pada ilmu pengetahuan.





Sumber
http://en.wikipedia.org/wiki/Leonardo_da_Vinci

Tidak ada komentar:

Posting Komentar