Selasa, 26 November 2013

Isaac Newton

          Sir Isaac Newton PRS MP (25 Desember 1642-20 March 1727) adalah seorang fisikawan Inggris dan matematika yang secara luas dianggap sebagai salah satu ilmuwan paling berpengaruh sepanjang masa dan sebagai tokoh kunci dalam revolusi ilmiah . Bukunya Philosophiae Naturalis Principia Mathematica ( " Prinsip Matematika Filsafat Alam " ) , pertama kali diterbitkan pada tahun 1687 , meletakkan dasar untuk sebagian besar mekanika klasik . Newton juga membuat kontribusi mani untuk optik dan kredit Gottfried Leibniz saham dengan untuk penemuan kalkulus .
          Newton Principia merumuskan hukum gerak dan gravitasi universal yang mendominasi pandangan para ilmuwan ' dari alam semesta fisik selama tiga abad berikutnya . Hal ini juga menunjukkan bahwa gerak benda di Bumi dan benda langit dapat digambarkan oleh prinsip-prinsip yang sama . Dengan menurunkan hukum Kepler tentang gerak planet dari deskripsi matematika gravitasi , Newton dihapus keraguan terakhir tentang validitas model heliosentris dari kosmos .
          Newton dibangun pertama praktis mencerminkan teleskop dan mengembangkan teori warna berdasarkan pengamatan bahwa prisma cahaya putih terurai ke dalam banyak warna dari spektrum yang terlihat . Ia juga merumuskan hukum empiris pendinginan dan mempelajari kecepatan suara . Selain karyanya pada kalkulus , sebagai Newton matematika memberikan kontribusi untuk mempelajari deret pangkat , umum teorema binomial untuk eksponen non - integer, dan mengembangkan metode Newton untuk mendekati akar dari sebuah fungsi .
          Newton adalah seorang rekan dari Trinity College dan Profesor Lucasian kedua Matematika di Universitas Cambridge . Dia adalah seorang yang taat tapi ortodoks Kristen dan , luar biasa untuk anggota fakultas Cambridge , ia menolak untuk menerima perintah suci di Gereja Inggris , mungkin karena dia secara pribadi menolak doktrin trinitarianisme . Selain karyanya pada ilmu matematika , Newton juga mendedikasikan sebagian besar waktunya untuk mempelajari alkimia dan kronologi Alkitab , tetapi sebagian besar karyanya di daerah tersebut tidak diterbitkan hingga lama setelah kematiannya . Dalam kehidupan di kemudian hari , Newton menjadi presiden Royal Society. Dia juga bertugas pemerintah Inggris sebagai Warden dan Master of the Royal Mint .



Sumber
 http://en.wikipedia.org/wiki/Isaac_Newton

Tidak ada komentar:

Posting Komentar