Selasa, 15 Oktober 2013

James Watt

James Watt


    
           James Watt, ( 19 Januari 1736 - 25 Agustus 1819 ) adalah seorang penemu Skotlandia dan insinyur mekanik yang perbaikan mesin uap Newcomen yang mendasar untuk perubahan yang dibawa oleh Revolusi Industri di kedua nya Inggris Besar asli dan seluruh dunia.
          Ketika bekerja sebagai pembuat instrumen di Universitas Glasgow, Watt menjadi tertarik pada teknologi mesin uap. Dia menyadari bahwa desain mesin kontemporer membuang banyak energi dengan berulang kali pendinginan dan pemanasan kembali silinder. Watt memperkenalkan perangkat tambahan desain, kondensor terpisah, yang dihindari pemborosan energi dan radikal meningkatkan kekuatan, efisiensi, dan efektivitas biaya mesin uap. Akhirnya ia mengadaptasi mesin untuk menghasilkan gerakan berputar, sangat memperluas penggunaannya di luar memompa air.          Watt berusaha untuk mengkomersilkan penemuannya, namun mengalami kesulitan keuangan yang besar sampai ia memasuki kemitraan dengan Matthew Boulton pada 1775. Perusahaan baru Boulton dan Watt akhirnya sangat sukses dan Watt menjadi orang kaya. Dalam pensiun, Watt terus mengembangkan penemuan baru meskipun tidak ada yang signifikan sebagai kerja mesin uap nya. Dia meninggal pada tahun 1819 pada usia 83. Watt telah digambarkan sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh di history. He manusia mengembangkan konsep tenaga kuda.



          Pada tahun 1776, mesin pertama dipasang dan bekerja di perusahaan-perusahaan komersial. Mesin ini pertama digunakan untuk pompa listrik dan diproduksi hanya gerakan reciprocating untuk memindahkan batang pompa di bagian bawah poros. Desain itu sukses secara komersial, dan selama lima tahun ke depan Watt sangat sibuk memasang mesin yang lebih, terutama di Cornwall untuk memompa air keluar dari tambang.
           Mesin ini awal tidak diproduksi oleh Boulton dan Watt, tapi dibuat oleh orang lain sesuai dengan gambar yang dibuat oleh Watt, yang bertugas dalam peran insinyur konsultasi. Pendirian mesin dan penggeledahan yang diawasi oleh Watt, pada awalnya, dan kemudian oleh orang-orang yang dipekerjakan oleh perusahaan. Ini adalah mesin besar. Yang pertama, misalnya, memiliki silinder dengan diameter sekitar 50 inci dan tinggi keseluruhan sekitar 24 meter, dan diperlukan pembangunan gedung khusus untuk rumah itu. Boulton dan Watt dikenakan pembayaran tahunan, sama dengan sepertiga dari nilai batubara disimpan dibandingkan dengan mesin Newcomen melakukan pekerjaan yang sama.
          Bidang aplikasi untuk penemuan itu sangat melebar ketika Boulton mendesak Watt untuk mengubah gerak reciprocating dari piston untuk menghasilkan tenaga rotasi untuk grinding, tenun dan penggilingan. Meskipun engkol tampaknya solusi yang jelas untuk Watt konversi dan Boulton yang terhalang oleh paten untuk ini , yang pemegang, James Pickard, dan rekan mengusulkan untuk cross-lisensi kondensor eksternal. Watt gigih menentang ini dan mereka dielakkan paten oleh matahari dan gigi planet pada tahun 1781.
          Selama enam tahun berikutnya, ia membuat sejumlah perbaikan dan modifikasi lain untuk mesin uap. Sebuah mesin bertindak ganda, di mana uap bertindak secara bergantian pada kedua sisi piston adalah satu. Dia menggambarkan metode untuk bekerja uap "ekspansif" ( yaitu, menggunakan uap pada tekanan di atas atmosfer ). Sebuah mesin majemuk, yang menghubungkan dua atau lebih mesin digambarkan. Dua paten lainnya yang diberikan untuk ini pada 1781 dan 1782. Banyak perbaikan lain yang dibuat untuk pembuatan lebih mudah dan instalasi terus-menerus dilaksanakan. Salah satunya termasuk penggunaan indikator uap yang dihasilkan plot informatif tekanan dalam silinder terhadap volume, yang disimpan sebagai rahasia dagang. Temuan lain yang penting, salah satu yang paling Watt bangga, adalah gerakan paralel yang penting dalam mesin double-acting karena menghasilkan gerak garis lurus yang diperlukan untuk batang silinder dan pompa, dari sinar goyang terhubung, yang akhirnya bergerak dalam busur lingkaran. Hal ini telah dipatenkan pada tahun 1784. Sebuah katup throttle untuk mengontrol kekuatan mesin, dan gubernur sentrifugal , dipatenkan pada 1788, [ 24 ] agar tidak "melarikan diri" yang sangat penting. Perbaikan ini diambil bersama-sama menghasilkan sebuah mesin yang sampai lima kali lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar sebagai mesin Newcomen.
          Karena bahaya boiler meledak, yang berada di tahap yang sangat primitif perkembangan, dan isu-isu yang sedang berlangsung dengan kebocoran, Watt dibatasi ia menggunakan uap bertekanan tinggi - semua mesin rekannya menggunakan uap pada tekanan atmosfer dekat.


Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/James_Watt



Tidak ada komentar:

Posting Komentar